Selasa, 07 November 2017

Mengatur Pen Pressure di Photoshop


Mengatur Pen Pressure di Photoshop


Beberapa waktu lalu saya cerita tentang menggunakan computer di rumah yang sangat cepat dipakai untuk menggambar dengan Wacom / digital tablet. Saat senang-senangnya menggambar, suami saya lantas mengupgrade windows sehingga Photoshop yang biasa saya gunakan tiba-tiba tidak mendeteksi digital tablet saya.


Peringatan Pen Pressure


Saya stress berat. Lalu saya mencari solusinya di internet. Beberapa tips sudah saya coba :

  1. Pindahkan colokan usb digital tablet,
  2. Uninstall dan install ulang program digital tablet,

Namun cara-cara tersebut masih belum berhasil dan masih menunjukkan tanda pentung di pilihan Pen Pressure. 



Setelah browsing lebih dalam, saya menemukan info di forum adobe photoshop. Screenshot dari web tersebut saya sertakan, karena -eh -sayapun kurang mengerti itu fungsinya untuk apa. 
 

 
Buka word atau notepad, ketik tulisan di bawah ini : 

# Use WinTab
UseSystemStylus 0


Lalu simpan sebagai   PSUserConfig.txt

Jika menggunakan word seperti saya, ada tanda peringatan sesuatu, centang atau iyakan saja.

Lalu pindahkan atau copy ke :
 C:\Users\[User Name]\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CC 2014\Adobe Photoshop CC 2014 Settings\.





Saya cari-cari folder tersebut dan nggak ketemu-ketemu tuh pusingnya kaya mau ngejedukin kepala.
Saya lantas membangunkan suami dan minta tolong dengan wajah berkaca-kaca (saking stresnya, hahaha) untuk mencari folder tersebut.

Dan ternyata folder itu dihidden dan harus dimunculkan dari settingannya. (suami sudah senyum-senyum melihat saya yang mengeluh mencari solusi berjam-jam – karena dia menemukan folder tersebut dalam lima menit).

suami menemukan dalam waktu lima menit T.T


Long story short, saya copy file teks di atas ke folder yang ditentukan, dan peringatan Pen Pressure yang berkali-kali muncul lantas menghilang. Yeaaaay. 

Suami lantas mengomentari apa pentingnya Pen Pressure tersebut sampai saya bela-belain browsing berjam-jam. 

Karena, duh, Wacom tanpa Pen Pressure sama saja seperti menggambar dengan mouse. Seperti main DOTA tanpa mouse gaming - eh.

Semoga pengalaman saya bermanfaat bagi yang kesulitan dengan settingan Pen Pressure nya di Photoshop CC 2017.

Salam.

3 komentar:

  1. Bermanfaat sekali mbak, saya lagi nyari2 solusi dan ketemunya di sini

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak :) ps saya juga mengalami hal yang serupa, tapi akhirnya saya bisa memperbaiki dengan baik dengan bantuan dari cerita blog anda, sangat membantu sekali:)

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah mampir :) semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah meluangkan waktu berkomentar :)
Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus.