Jumat, 20 Oktober 2017

Transaksi Aman di Traveloka, #JadiBisa Tenang Beli Pulsa Meski Lupa Konfirmasi




Traveloka?
Oh tahu, aplikasi yang biasa dipakai suami untuk memesan hotel saat perjalanan pulang kampung. Keluarga suami sukanya mengadakan perjalanan dadakan, pesan hotel untuk menginap juga selalu mendadak. Kadang pas hari H di luar kota, suami baru memesan hotel via Traveloka.

Saya sudah nggak heran jika ada yang memesan tiket pesawat, kereta, maupun kamar hotel dengan Traveloka. Tapi untuk membeli pulsa? Nah itu saya penasaran.
Ternyata saya selama ini sering melihat aplikasinya, tapi tidak menyadari bahwa aplikasi ini bisa untuk membeli pulsa. Seperti peribahasa tentang gajah di pelupuk mata – jangan salahkan gajahnya, hihihi.
Karena ini pertama membeli pulsa via Traveloka, saya sedikit ragu. Ah, tapi teringat pengalaman selama ini menggunakan aplikasi ini dan Alhamdulillah lancar dan aman. Saya lantas mencoba mengisi pulsa salah satu nomor saya.



Tampilan Aplikasi Traveloka


Saya tuliskan nomornya dan melanjutkan transaksi. Saya lantas diminta mengisi nama,email (wajib diisi), serta nomor telepon kontak – mungkin jika ingin mengisikan nomor keluarga atau teman. Membeli pulsa atau paket data via Traveloka juga tidak mengharuskan login atau mendaftar ke akun Traveloka. Saya baru menyadari karena ternyata selama ini saya seringnya menggunakan aplikasi dan akun milik suami untuk pemesanan kamar hotel.
Karena selama ini menggunakan akun suami, dia jadi punya banyak poin Traveloka, hm…saya nggak protes juga sih, lha wong biasanya juga suami yang membayar, hihi. Kesempatan ini sekalian saya pergunakan untuk membuat akun Traveloka.


Isilah nama dan email dengan jelas

Yang juga menarik, umumnya kode unik adalah penambahan nominal ke atas, sedangkan di Traveloka kode unik justru mengurangi dari harga normal pulsa. Serta saya tidak mengalami keharusan membayar biaya administrasi apapun, ini hal yang sangat menenangkan. 


Kode unik yang dikurangkan

Saya melanjutkan transaksi dan diminta memilih cara pembayaran. Berbagai cara pembayaran tertera, dari transfer, kartu kredit, via atm, hingga melalui minimarket-minimarket. Namun semuanya memiliki batas waktu pembayaran - seperti transaksi lainnya di Traveloka - untuk transaksi pulsa saya hanya memiliki batas waktu 29 menit untuk pembayaran. Karena tidak memungkinkan untuk pergi keluar dalam waktu singkat, saya menggunakan cara pembayaran ‘transfer’ ke Bank Mandiri. 




Setelah memilih cara pembayaran, saya diingatkan batas waktu, nomor rekening transfer, serta jumlah beserta kode unik yang harus saya transfer.
Tak lama saya menerima email pemberitahuan transaksi di Traveloka. Ini bermanfaat sekali jika saya lupa mengscreenshot sejumlah informasi penting untuk keperluan transfer. Saya mengecek kembali data yang dikirim via email, lantas menyelesaikan pembayaran.
Harap diperhatikan dengan jelas nomor rekening untuk transfer ya, karena nomor rekening yang dituju bisa berbeda dengan transaksi terakhir kali. Untuk lebih amannya gunakan fasilitas ‘copy’ di samping nomor rekening dan jumlah transfer jika membayar menggunakan internet banking / mobile banking. 






email pemberitahuan transaksi
email pemberitahuan transfer berhasil

Beberapa hari kemudian, saya mencoba mengisi kembali pulsa, dan mendapatkan nomor rekening transfer yang berbeda, meskipun nama pemilik nomor rekening sama. Wajar sih aplikasi sebesar Traveloka mempunyai beberapa nomor rekening sekaligus untuk semua transaksi dan keperluan.
Jika memerlukan bantuan, bisa mengirimkan email ke cs@traveloka.com beserta nomor transaksi.
Selesai melakukan transfer, kadang terlupa mengirim bukti transaksi, atau ah entar-ah entar saja –seperti yang baru saya lakukan –dan lupa mengirimkan bukti transfer sama sekali. Uhm…tidak perlu kuatir. Transaksi di Traveloka insya Allah aman.
Saya menerima dua email pemberitahuan sekaligus, yang satu email pemberitahuan transaksi dan satunya lagi email pemberitahuan bahwa transfer telah masuk dan transaksi telah selesai. Woah, itu terhitung sangat cepat. Saya belum selesai mengetik pengalaman saya saja pulsa sudah masuk, hahaha. Barangkali saya mengetiknya terlampau lama T,T


Jadi apakah saya senang menggunakan aplikasi Traveloka untuk membeli pulsa?

Ya, jelas. Traveloka cepat sekali memproses transaksi, pembayarannya sangat mudah.
Fungsi salin nomor rekening dan jumlah transfer itu jenius, saya tidak perlu menulis di notes terlebih dahulu dan memastikan setiap angka tersalin. 

Transfer cepat diverifikasi, bahkan sebelum saya sempat mengunggah bukti trasnfernya.
Jika ada keluhan atau kesulitan Traveloka selalu menuliskan alamat email serta nomor telepon di setiap email yang mereka kirimkan untuk membantu kita.

Apakah saya ingin menggunakannya kembali?

Ya. Bahkan mungkin untuk membelikan pulsa untuk keluarga saya. Ketentuan kode unik serta bebas biaya administrasi membuat pulsa di Traveloka terasa sangat terjangkau dan menarik.
Semoga pengalaman singkat saya bertransaksi di Traveloka bisa bermanfaat untuk teman-teman 😊

Salam hangat – di tengah dinginnya hujan di Bekasi.

2 komentar:

  1. traveloka emang praktis ya, aku juga sering pake traveloka :D

    BalasHapus
  2. jadi tau ternyata makin gampang bertransaksi ya di traveloka. kita jadi dimudahkan cuma dengan 1 aplikasi. artikelnya bermanfaat sekali.

    BalasHapus

Hai, terima kasih sudah mampir :) semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah meluangkan waktu berkomentar :)
Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus.