Minggu, 15 Oktober 2017

Mengatur Workspace di Photoshop



Baru-baru ini saya tidak bisa menggunakan laptop saya sehingga ganti menggunakan pc. Karena baru pertama menggunakan pc tersebut untuk mendesain di Photoshop, settingan di sana belum seperti saya inginkan dan membuat kesal karena harus membuatnya seperti di laptop saya sebelumnya. Memerlukan waktu yang cukup lama -- lebih karena sudah lupa apa yang harus dilakukan. Yang pertama sekali saya lakukan adalah mengatur ‘Workspace’


Workspace

Workspace bawaan dari Photoshop sangat lengkap, terkadang malah terlalu banyak, padahal yang saya perlukan dan sering pakai bukan panel tersebut. Saya hanya menginginkan panel navigator, beberapa swatch, panel layer, history, dan tentu saja panel brush. Saya senang hal-hal yang simple untuk bekerja.





Jadi mulailah saya membuka workspace bawaan dari software, awalnya kita akan dipilihkan workspace ‘Essentials’. Terdiri dari color, swatches, history, layer, channel, dan paths. Saya ingin menambahkan beberapa agar sesuai dengan penggunaan pen digital. 

Workspace Essentials


Untuk memunculkan panel, kita bisa masuk melalui ‘Window’ dan memilih beberapa panel yang kita inginkan. 

Panel Window

Atau kita bisa menggunakan fungsi search di kanan atas. Ketik panel yang ingin kita cari.


Fungsi Search
Di sini saya mencoba mencari panel navigator. Panel Navigator ini muncul Bersama dengan panel Histogram yang tidak terlalu saya gunakan. Jadi saya ingin menghilangkannya dari Workspace saya.


Panel Navigator


 Klik kanan di panel Histogram, lalu klik close. 

Panel Histogram
Jika ingin memindahkan panel Navigator, tinggal klik dan geser, saya meletakkannya sebaris dengan panel Color dan Swatches.

Klik dan Geser

Berikutnya saya ingin memunculkan panel Brush. Ketik panel yang dicari, lalu klik hingga muncul di layar. Panel Brush Preset muncul Bersama Panel Brush. Karena saya sering menggunakan keduanya, jadi saya biarkan saja.

Panel Brush

Klik dan geser jika ingin mengatur urutan dan posisinya.

Brush dan Brush Preset

Berikutnya simpan ‘Workspace’ yang telah kita personalisasi agar berikutnya menggunakan software di pc / laptop tersebut tidak perlu mensetting dari awal. Klik segitiga kecil di dekat fungsi ‘Search’ lokasi di kanan atas panel-panel.

Tampilan pilihan

Pilih ‘New Workspace’, lalu namai sesuai keinginan.

Tampilan New Workspace

Workspace siap dipakai 😊


New Workspace

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir :) semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah meluangkan waktu berkomentar :)
Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus.