Jumat, 19 Mei 2017

Cara Saya Mengiringi Hari (Anak) yang Aktif





"Ma, ayuk main." Rakha sudah mengulurkan mainan mobil.
Saya menyanggupi.
"Ma, ayuk main." Rakha mengulurkan mainan robot-robotan.
Saya mengacungkan jempol dan beranjak berdiri padahal baru sepuluh menit selonjoran setelah mencuci.
“Ma, tolong ambilkan itu di atas.” Ujarnya sambil menunjuk lego-legoan yang saya simpan di atas lemari.
Saya mengangguk pelan dan mengambilkan barang yang diminta dari atas lemari. Mata saya menyapu mainan-mainan lain yang berserakan di laintai. Benak saya mulai menghitung jumlah mainan yang akan saya masukkan ke dalam kontainer khusus mainan.
"Ma, ayuk main. Mama jadi monster."
Saya berubah jadi godzilla betulan.

***

 
Rakha saat belajar mewarnai - yang bertahan 5 menit

Pernah berada di posisi saya? Anak luar biasa aktif, dan hanya kita yang diajak main?
Badan dan pikiran rasanya, masya Allah.....
Apalagi jika anak tidak mau tidur siang, rasanya perlahan-lahan tanduk (emosi) saya seperti akan muncul.
"Ayo bobo dulu." (arti : Mama mau istirahat)
"Mau minum susu."
"Nah, udah minum susu, ayo bobo." (arti : cepetan, Mama udah capek banget )
"Mau nonton.."
"..." (arti : GRRRRAAAAAAH)

 ***

Lalu saya ambil kopi sachet, tuang air panas, buang isinya, dan pegang bungkusnya dengan bingung.
...

Mama yang sudah kelelahan lahir batin mungkin pernah kelupaan membuang kopi ke tong sampah, hahaha.
Yah, pokoknya seperti itulah rasanya menyamai irama anak kecil yang aktif.
Sampai saya pernah berseloroh, punya anak satu minum kopi satu. berarti kalau punya anak dua, minum kopi jadi dua gelas...kalau punya anak tiga....
Saya lantas membayangkan jumlah kopi yang akan kakak saya minum. Masalahnya dua anak saja variabel kemungkinan perselisihan antar anak saja bisa menambah kopi yang semestinya dua jadi tiga. Lalu jika tiga anak...variabel itu mungkin menukik tinggi....
Ah, sudahlah...Tak heran kopi sachet instan selalu diminati.

Selan minum kopi, makanan yang membuat saya rileks adalah..mi instan. Dua bungkus dengan satu telur kalau saya sudah stress berat (plus nasi sedikit). Makanan lainnya adalah makaroni kering pedas, atau makanan yang 'gurih' alias punya banyak kandungan msg.
Masalahnya....saya agak sensitif terhadap msg. Radang tenggorokan bukan sekali dua kali saya jalani. Kalau tenggorokan sudah agak-agak gatal, saya tahu diri dan berhenti makan. Tapi karena sudah terlanjur gatal-gatal...saya sudah bersiap-siap dengan apa yang akan datang berikutnya.
Namun..selang sehari...ternyata gatal-gatal di tenggorokan sirna. Saya jelas bingung, karena tidak merasa minum obat apapun. Lalu saya telusuri kebiasaan makan saya. Ternyata pada hari yang sama dan hari sebelumnya, saya meminum Herbadrink Sari Temulawak. Tapi saya tetap bingung, karena di kemasan hanya tertulis untuk menjaga kesehatan hati. 

 
Herbadrink Sari Temulawak

Lalu saya mencoba browsing ke wikipedia, dan baru jelaslah alasannya. Ternyata temulawak itu mengandung anti inflamasi (anti radang), bahkan bisa menurunkan kolesterol. Temulawak (bagian rimpangnya) mengandung sekitar 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2% kurkumin, san 1,48-1,63% minyak atsiri. Kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).
Saya sudah berkali-kali terkena radang tenggorokan. Jadi saya tahu jika sudah kena radang, makan maupun melakukan apapun menjadi tidak enak. Saya bahkan pernah bergelung di kasur seharian saking tidak enaknya badan. Bagaimana menyuapi anak makan dan mengajak main jika saya sendiripun tidak sanggup makan saking lemasnya. Saya sudah tidak sanggup menulis cerita, menulis blog, maupun berlatih cat air jika sudah seperti itu.
Karena itulah saya tahu diri, sekarang saya mengurangi makan makanan gurih, dan merutinkan minum
Herbadrink Sari Temulawak yang tanpa ampas dan bisa diseduh dengan air biasa.

Sumber bacaan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Temu_lawak
http://www.herbadrinknatural.com/





4 komentar:

  1. Herbadrink sari temulawak minuman sehat orang nomor satu indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang berkualitas dan insya Allah bermanfaat minuman ini, mak :) terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Kayaknya aku hrs rutin lg apa ya minum ini.. Dulu aku sekeluarga rutin minum temulawaj, krn dipaksa papa mba :).. Trutama pas kuliah dan sekolah, krn dulu kegiatankan banyak bgt.. Sering begadang, jd supaya ga gampang skit dan kesehatan hati terjaga, kita disuruh minum temulawak.. Skr sejak nikah dan kerja aku udh ga minum, krn mikirnya jadwal kerja lbh teratur skr.. Tp kalo dipikir kayaknya pgn minum lg supaya ga gampang sakit ini.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, nasehat papanya mbak bagus :) saya dulu biasanya suka minum jamu gendong saja. Ayo minum temulawak lagi, mbak :)

      Hapus

Hai, terima kasih sudah mampir :) semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah meluangkan waktu berkomentar :)
Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus.